History from memory

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Umrah (part 4)

Minggu,19 Februari 2012


Makkah

First Day,
Kenapa ini  disebut hari pertama?? Bukan hari kedua?? Karena pagi di mekkah diawali pada hari ini :)
Hari pertama di Mekkah = hari ke lima perjalanan umrah
     Hari ini aku melewatkan untuk subuhan di masjidil haram..Hal ini dikarenakan semalam umrah dan baru sampai dihotel jam 3 pagi..Alhasil bangunnya jam 5.20 dan itu udah hampir telat untuk menuju masjidil haram.Kemudian aku dan mama memutuskan untuk shalat dihotel sedangkan papa tetap shalat dimasjid bersama mas beni dan budhe..Seperti di madinah,selesai shalat subuh,sarapan pagi sudah menanti di lantai M..Oh ya,kali ini jarak dari hotel menuju masjidil haram lumayan jauh,sekitar 500-600 m,tapi cukup menyehatkan kok dan nggak buat capek :D
    Lagi-lagi seperti di madinah,pada hari ini acara pagi hari bebas.Selesai sarapan pagi,mama mengajak aku,papa dan mas beni untuk tawaf sendiri..Jam 08.30 kami semua berangkat ke masjidil haram lagi untuk tawaf..Saat akan menuju masjidil haram,kami bertemu pak Mutarrom..Beliau adalah dekan Universitas Wahid Hasyim sekaligus sebagai pemandu di bis 4.Ternyata Pak Mutarrom juga akan tawaf..Kemudian berangkatlah kita tawaf bersama..Suasana disekitar Ka'bah tidak begitu rame seperti malam saat umrah wajib,ya karena itu masih pagi.Putaran 1,2,3,4 masih aman,belum begitu ramai..Putaran ke 5,6,7 sudah lumayan ramai..Sudah lumayan berdesak-desakan..Seperti biasa,selesai tawaf disunnahkan untuk shalat sunnat tawaf dan Pak Mutarrom mengajak untuk menepi dulu..Selepas shalat sunnah,mama ngajak untuk nyium ka'bah dan Subhanallah,kami semua bisa nyium Ka'bah..Yes,I can..Selama ini hanya bisa memandang Ka'bah dari sebuah lukisan,dari sebuah cerita tapi pada hari ini bisa nyium Ka'bah..Subhanallah dan Alhamdulillah sekali..Semakin merasa beruntung aku pada hari ini :D
       Jam masih menunjukkan pukul 09.30..Hari masih terlalu pagi untuk menuju shalat Dhuhur.Kita menepi kembali untuk shalat dhuha,dll..Disitu papa tiba-tiba mau mencium hajar aswad dan kembalilah papa dan pak mutarrom ke dekat Ka'bah..Beliau-beliau berhasil mencium hajar aswad dengan penuh perjuangan..Dengan berdesak-desakan..Sekembali beliau-beliau dari mencium hajar aswad,kami mengobrol-mengobrol ditepi..Yang tua mengobrol,aku sama mas beni mala foto-foto..haha :D








Jam menunjukkan pukul 10.00..Pak Mutarrom ingin mencari parfum,karena kami berempatpun kebetulan tak mempunyai rencana dan males pulang ke hotel,akhirnya kami ikut mencari parfum..Parfum beraroma Ka'bah..Susah sekali mencarinya..Setiap penjual parfum dimasukin..Sekalinya dapet harganya mahal sekali,tapi tetap dibeli demi sesuatu..Lagi-lagi kami memutuskan untuk menongkrong didepan masjidil haram karena waktu masih menunjukkan pukul 10.30..Dan lagi-lagi aku mala foto-foto sama mas beni..haha :D






      Yak akhirnya jam sudah menunjukkan pukul 11.00 lebih,saatnya untuk bersiap-siap masuk kedalam masjidil haram..Karena dhuhur masih jam 12.35,maka dari itu masjidil haram masih bener-bener sepi..Bebas memilih tempat..Tapi berhubung setelah shalat dhuhur harus segera bersiap-siap untuk ikut umroh sunnah,akhirnya aku sama mama memilih tempat yang agak belakang,biar nggak begitu sulit keluarnya..Aku masih merasa takjub,di mekkah dan madinah,jumlah jamaah yang datang ke masjid itu ratusan atau mungkin ribuan ya,nggak sanggup untuk menghitung lah pokoknya..Dahsyat sekaliiii..Subhanallah :)
         Okeee langsung bercerita mengenai umrah aja ya..Urutan umrahnya masih sama dengan yang umrah wajib,hanya saja berbeda ditempat pengambilan miqat dan kali ini bener-bener bareng rombongan Pak Shodiq..Nggak tertinggal lagi seperti kemaren..Ternyata tawaf dan sa'i bersama Pak Shodiq itu benar-benar cepat,secepat jalannya Pak shodiq -___-' Tapi alhamdulillah masih bisa mengikuti hingga sa'i selesai..Umroh sunnah ini selesai pukul 19.00 dan papa memutuskan untuk langsung menunggu sholat isya di masjidil haram,akhirnya aku mama dan mas beni mengikuti papa.Selepas sholat isya' kami langsung buru-buru keluar sebelum pasukan arab ikut berjejal keluar.Kami langsung kembali ke hotel.Saat itu mukaku sudah kucel,lusuh dan capek..Ketika hendak memasuki hotel, berdirilah dia dan yang lain di loby yang sudah sering aku perhatikan saat di madinah..Mereka memperhatikan langkah kami,aku pun memperhatikannya,tapi aku hanya tersenyum kepada sang bapak..Beberapa menit kemudian,lif pun terbuka..Disitu aku langsung berpikir,ah pasti dia brondong,lupakan saja..haha..Sejenak aku melupakan dia dan mengambil makan malam lalu lantas beristirahat karena hari esoknya jam 7 sudah harus siap di loby untuk melakukan perjalanan yang aku sebut itu piknik :D

Hari ke 5 umroh ini berjalan cukup melelahkan,tapi asik kok, menyenangkan,apalagi ditutup dengan adanya si tampan didepan pintu..haha :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar