History from memory

Senin,20 Februari 2012

Makkah

Second Day,
Yak udah hari kedua di Mekkah,itu artinya sudah semakin mendekati hari kepulangan ke Indonesia..
Hari kedua di Mekkah = Hari ke enam perjalanan Umroh
    Seperti biasa,pagi ini diawali dengan shalat subuh,tapi pagi ini nggak shalat subuh di masjidil haram lagi karena kakinya capek buat jalan umroh 2 hari kemaren :( ..Aku shalat subuh dikamar hotel dengan iringan dari masjidil haram..Alhamdulillah masih kedengaran dari kamar hotel pimpinan shalat dari imamnya :) Selesai shalat mulai bersiap-siap untuk sarapan pagi dan pergi ziarah (lagi-lagi aku menyebutnya piknik)..haha :D
     Jam menunjukkan pukul 07.00,saatnya untuk turun ke loby dan berangkat ke tempat wisata.Tapi ternyata setelah diloby,bis yang akan digunakan untuk berwisata belum ada yang datang..Bisnya datang sangat terlambat..Kira-kira jam 8,bis baru datang didepan hotel. Jamaah pun masuk kedalam bis masing-masing.Di dalam bis,seperti biasa mendapat panduan dari Pak Muslih (guide bis 1). Pak Muslih mengajak kami semua berdoa dan menerangkan setiap tempat/daerah yang bersejarah di kota Mekkah ini..Jadwal hari ini adalah menuju Jabal tsur,melewati padang arafah,berhenti di Jabal rahmah untuk berziarah,berdoa dan berfoto-foto,melewati mina dan menunjukkan dimana tempat melontar jumroh dan tujuan terakhir adalah melihat Jabal Nur beserta cerita yang terjadi Di Jabal Nur. Ini adalah cerita singkat dari tiap-tiap tempatnya :)
1. Jabal Tsur
    Jabal tsur disini adalah tempat Rasulullah SAW bersembunyi dari kejaran kaum kafir ketika mau Hijah ke Madinah. Jabal Tsur ini berbentuk gunung. Di Jabal Tsur ini kita hanya berhenti sejenak,tidak turun. Karena memang pada waktu itu parkiran penuh dengan bis-bis dari rombongan lain dan semua sepakat untuk melanjutkan perjalanan.Foto dari jabal Tsur pun nggak dapat :(
Okee lanjut ketempat tujuan yang kedua yaitu di Padang Arafah.

2. Padang Arafah
    Padang Arafah adalah tempat terbuka dan luas yang berada disebelah timur kota Mekkah..Padang Arafah digunakan sebagai tempat wukuf seluruh jama'ah haji pada tanggal 09 Dzulhijjah. Karena padang arafah hanya sekedar lewat,jadi nggak ngeh yang mana yang namanya padang arafah,nggak ke foto deh padang arafahnya..
Nggak jauh dari tempat wukuf yang biasa dilakukan yaitu di Padang Arafah ada yang namanya Jabal Rahmah.

3. Jabal Rahmah
    Jabal Rahmah yaitu tempat bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa setelah terusir dari surga. Jabal Rahmah yang berarti bukit penuh rahmat, selalu dipenuhi peziarah karena mempunyai sejarah penting dalam islam. Konon katanya, ditempat ini merupakan tempat terbaik untuk meminta jodoh. Dikatakan, apabila seseorang berdoa diatas bukit ini untuk meminta pendamping hidup, niscaya doanya dikabulkan Allah. Wallahualam sih.. percaya nggak percaya :)
    Jabal Rahmah ini letaknya masih disekitar padang Arafah juga.Bahkan awalnya yang namanya Jabal Rahmah ini,aku kira mala padang Arafah..hehe :p
    Di Jabal Rahmah inilah terdapat banyak onta yang berornamen warna-warni yang siap disewakan untuk foto bersama.Terkadang pemilik onta inipun memaksa kita untuk naik onta dan memfoto kita..Tidak hanya 1 kali pemilik onta itu menjepret kita..Kalo kita nggak tegas,bisa keluar uang banyak untuk membayar foto-foto kita yang sebenarnya kita nggak memintanya..Harga sewa 1 onta yaitu 10 riyal yang setara dengan Rp 2500/riyal.
    Di Jabal Rahmah ini aku nggak naik ke puncak bukit,karena kebetulan sandal yang aku pakai nggak nyaman untuk naik-naik keatas bukit..Tapi aku tidak melewatkan moment untuk foto bersama onta :)
Padahal sebenarnya moment terpenting dari jabal rahmah ini adalah puncak bukitnya bukan ontanya..haha :p

4. Mina
    Selesai berziarah di jabal rahmah dan berfoto-foto dengan onta,perjalanan selanjutnya adalah menuju Mina.
    Mina adalah sebuah lembah di padang pasir yang terletak sekitar 5 kilometer sebelah timur kota Mekkah. Mina mendapat julukan kota tenda,karena berisi tenda-tenda untuk jamaah haji seluruh dunia. Tenda-tenda itu tetap berdiri meskipun musim haji tidak berlangsung. Mina digunakan sebagai tempat pelontaran jumroh Jamaah Haji pada hari-hari tasrik.Di Mina ini juga dilakukan Mabit.Tempat untuk melempar jumroh ini ada 3 yaitu Jumrah Aqabah, Jumrah Wusta, Jumrah Ula..Kata Pak shodiq jika diibaratkan dengan sekolah yaitu SD,SMP dan SMA. Jumrah aqabah itu SD,Jumrah Wusta itu SMP dan Jumrah Ula itu SMA..haha
Karena Di Mina ini hanya sekedar lewat supaya kita tau seperti apa Mina itu sebelum naik Haji, makanya foto yang diambil kurang teridentifikasi..hehe :D

5. Jabal Nur
Ini dia tempat terakhir yang dikunjungin pada hari ini (kalo nggak salah inget sih :p)
Setelah dari Mina dan sebelum pulang, kami semua diajak untuk melihat seperti apakah Jabal Nur itu.. Dimanakah letak Jabal Nur itu dan bagaimanakah sejarah dari jabal Nur ini.Mungkin disini aku akan coba sedikit menerangkan singkat mengenai Jabal Nur ini.
      Jabal Nur itu adalah gunung yang bercahaya. Di jabal nur inilah letaknya Gua Hiro berada.Gua Hiro sendiri ini adalah tempat dimana pertama kali Rasulullah SAW menerima wahyu pertama.Untuk menuju kesana diperlukan waktu sekitar 1.5 jam..Sangat jauh sekali ya..Karena sangat jauh itulah,rombongan tidak diperkenankan untuk menuju kesana..Ya boleh sih sebenarnya,tapi nanti bener-bener akan ditinggal rombongan,begitu canda dari Pak Muslih..haha :D
Dan karena nggak turunlah,maka foto ini diambil dari dalam bis seperti jabal2 yang lain..Tapi maaf,foto ini kurang meyakinkan apakah ini jabal nur atau bukan,kebanyakan foto gunung soalnya,jadi nggak tau mana yang asal foto,mana yang jabal tujuan wisata..haha :D

Karena jabal Nur ini adalah kunjungan terakhir,maka selepas dari jabal nur tujuan berikutnya adalah kembali ke hotel.Lupa deh sampai dihotel jam berapa,yang jelas sebelum dhuhur.
Sesampai dihotel,kami semua langsung bersiap-siap untuk shalat dhuhur..Saat akan berangkat,seperti biasa,mama menghampiri kamar 716 yang berisi mas beni,pakdhe dan budhe,tapi ternyata saat ditengok,semuanya sedang tidur -___-' alhasil hanya kita bertiga yang kemasjid..Dan seperti biasa pula,sebelum masuk masjid,aku dan mama janjian sama papa untuk ketemu dimana,karena kalo nggak janjian susah untuk ketemunya diarea masjidil haram dengan berjuta-juta umat..Selepas shalat duhur,lagi-lagi kegiatan seperti biasa,mama mengajak untuk melihat-lihat isi sekeliling toko disitu..haha jiwa ibu-ibu :D ..Nggak ada 1 jam kita memutuskan untuk kembali ke hotel karena belom ada yang menarik dihotel..Sekembalinya dihotel,kami bertiga langsung menuju ke lantai M untuk makan..Karena datangnya agak telat,jadi ngantri makannya nggak begitu panjang..Disitu aku menengok dimana tempat biasanya dia makan..Dan tarrraaaa...Dia masih makan disitu bersama sang bapak..Tapi sayangnya hanya terlihat tampak belakang,ya sudah aku langsung berlalu ambil minum dan lantas duduk..Saat akan memulai makan,dia selesai makan,dia langsung menuju lif tapi saat pintu lif terbuka dia nggak langsung masuk lif,dia kembali mengambil minum dan kembali berdiri didepan lif...Aku hanya mengamati sekitar situ saja,untungnya disitu banyak yang menunggu lif..hehe :D ..Makanpun selesai..Kami bertiga kembali kekamar..Kami beristirahat..Cukup capek juga meskipun kebanyakan hanya duduk didalam bis..

Overall,hari ke 6 ini pun berlalu begitu cepat dan menyenangkan..Wawasan mengenai mekah bertambah, foto unta didapat, melihat si tampan pun tercapai meskipun cuma sebentar..haha :p