History from memory

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kerja Praktek Periode September 2011

Hah entah udh brp bulan cerita mengenai KP ini tidak terselesaikan, haha
Mulai dari saya semangat nulis hingga semangat buat nulis tentang KP ini hilang..Saya mencoba untuk merangkum semuanya ;)
          KP..KP ini Kerja Praktek sebenarnya, tp bagi saya KP ini adalah Kuliah Pariwisata, haha.. Kenapa?? Karena selama KP sungguh beban untuk belajar itu tidak ada, semua masalah kampus seolah tenggelam ditelan raw mill dan terbakar didalam kiln, haha..Gimana beban tidak hilang, kalo selama kerja praktek disini isinya adalah ketawa, bercanda, ngebuli, kantin, perpus, dan setiap weekend saya pergi keliling kerumah saudara..Minggu pertama ke Bogor, minggu kedua ke Bekasi dan minggu ketiga ke Jakarta dan minggu terakhir adalah pulang, hahaha :p
           Oke dimulai saja ceritanya..Saya KP di Indocement, yah sebenarnya bukan Indocement tujuan utama KP saya, karena pada awalnya saya pengen banget buat KP di PKT, tapi karena suatu hal yang mugkin itu kehendak Allah, saya gagal KP disana, padahal prepare buat kesana udah lumayan matang..Yah tapi mgkn krn saya nggak boleh KP jauh2, dgn rasa pasrah saya dan partner nyobain apply di Indocement dan keterima..Alhamdulillah lah :D
          PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk ya itu nama pabrik yang saya tempatin buat kerja praktek. Indocement bergerak dalam bidang semen. Tidak hanya pabrik yang ada didalam sini, tetapi juga terdapat lahan pertambangan sebagai arena pengambilan bahan baku. Saya tidak sendiri dalam kerja praktek disini, dari teknik kimia sendiri terdiri dari 8 orang dan ketika hari pertama kerja praktek kami semua bertemu dengan anak undip yang lain yaitu Lutgar dan Dayat..Ya lumayan cukup ramelah berjalan diarea pabrik yang cukup besar dan asing bagi kita semua..hihihi
           KP di Indocement sini sungguh menyenangkan, ya bisa dikatakan sedikit lebih beruntung dr teman-teman yang KP di pabrik lain..Kenapa Beruntung?? Ya karena disini semua terjamin..Selama 3 hari masa orientasi, makanan kita tercukupi sekali, jam 9 snack, jam 12 makan siang dan jam 3 snack lagi..Tidak hanya itu, pasca orientasi selama 20 hari jam kerja kami mendapatkan makan siang dan uang saku..Untuk uang saku ini memang tidak seberapa, tapi ya lumayan pake bangetlah kalo dibandingin sama teman-teman yang lain yang dapet makan siang aja nggak apalagi uang saku, Alhamdulillah sekali, hehe:)
            Mungkin ada yang bertanya, ngapain aja sih kerja praktek di indocement? Mengenai keamanannya terjamin nggak?? Dapet mess juga nggak sih kayak di PKT??Akan saya ceritakan sebisa saya..
           Mulai dari awal ya..Seperti yang sudah saya paparkan didepan, kerja praktek di indocement ini sangat santai tetapi mengesankan kok..Sebagai contoh, saya ditempatkan di plant 1-2 yang merupakan plant tertua, disini saya dan keempat teman saya sering dianggurkan dan ditransfer ke perpus (lebih seringnya kekantin sih,haha) karena plant sering mengalami masalah, tetapi ketika plant baik-baik saja, kami semua dipersilahkan untuk berkunjung ke plant..Didalam plant saya mendapatkan pembimbing Bapak Herry Susanto..Beliau ini lulusan STM, tetapi pengalamannya juga udah banyak, ya maklumlah semacam senior..Selama di plant, kami berempat di jelaskan mengenai pembuatan semen, seluk beluk indocement..Oh iya Pak Hery ini sangat sibuk, kita berempat sering dipasrahkan kepada kawan kerjanya yang bernama Pak Arfan Hadi..Pak Arfan ini ternyata berasal dari tekim juga, beliau angkatan 2001..Selama dengan Pak Arfan, kami berempat diajak mengitari plant 1-2, dimulai dari melihat bahan baku berupa limestone, clay hingga melihat bagaimana bentuk dan seberapa besar alat yang digunakan didalam plant 1-2 ini..Alat-alat itu diantaranya adalah crusher, raw mill, kiln, finish mill, quenching cooler, weiging feeder, EP, dll..Oh iya di semua plant mayoritasnya adalah kaum lelaki, dikit banget nemu cewek disini, paling-paling ya di HRD dan officenya, hehe..Oke balik lagi ke plant 1-2..Orang-orang di plant 1-2 ini baik-baik,disaat kita nunggu pak arfan atau pak hery yang belum datang, mereka ngajak ngobrol kami ketika mereka sedang nganggur, bahkan ada yang dapet jodoh juga dengan anak salah satu karyawan disana, haha :p Yang paling terlihat baik itu ketika plant 1-2 pertama kalinya dikepung oleh sekawanan org yang entah drmn datangnya hingga akhirnya menimbulkan keributan, mereka seakan-akan membaca aura ketakutan kami, berusahalah mereka untuk menenangkan kami, mereka cerita mengenai kejadian2 demo yang sering terjadi didalam pabrik,.Yang awalnya hari itu mau muter plant gagal karena peristiwa itu, akhirnya kami diantar oleh Pak Arfan kembali ke HRD demi keselamatan kami (gitu katanya, haha)
          Selain makanan yang selalu terjamin, keamanna disini teramat terjamin, ya namanya juga pabrik pasti memegang teguh slogan "Safety First". Karyawan pabriknya aja diberi perlengkapan keamanan lengkap, gimana kami yang istilahnya hanya sebagai tamu. Kami yang berada di pabrik dibekali safety shoes, masker, dan safety helmet. Safety shoes disini benar2 safety, cukup berat karena ada besinya, hehe..Kesehatan disini juga dijamin kok, kalo sakit tinggal lapor ke Pak Dedi yang merupakan HRD bagian KP, pasti kita diantar ke rumah sakit pabrik,kayaknya sih gratis..Kita memang bener-bener dianggap selayaknya karyawan Indocement..Kerja Praktek di sini memang tidak seperti di PKT atau PT Badak yang mendapatkan mess, tetapi dengan fasilitas yang udah lumayan banyak saya rasa cukup kok, itu juga udah lebih baik banget dari pabrik lain yang ditempatin teman-teman saya, hehe :))
          Inti dari cerita semuanya adalah saya bersyukur banget bisa KP di Indocement dengan segala fasilitas yang lumayan menyenangkan, pembimbing yang baik dan cuek, teman-teman tekim yang cukup seru, teman-teman geodesi sebagai teman berbagai canda dan 'tong sampah', teman-teman cinacini sebagai bahan bulian kami (duh maap ya :3), teman-teman smk yang bikin suasana kelas selalu ribut dan yang terakhir adalah kakak-kakak MT yang bikin mata selalu lebih hidup, hahaha :p








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

15 comments:

Anonim mengatakan...

ini sih yang suka curi curi pandang dikantin :D

Unknown mengatakan...

kp nya berapa lama ya?

Citra mengatakan...

@Wanda Nurul: KPnya hanya 1 bulan saja

Anonim mengatakan...

dulu ngajuin nya berapa bulan sebelum KP mbak?

Unknown mengatakan...

mau tanya mba
belesan proposal dari pabrik berapa bulan mba ?
terus tanggal penentuan mulai kp dari kita sendiri atau dari pihak pabriknya?

Anonim mengatakan...

Kalo saya krn lewat email nggak bs, saya memutuskan lgsg tlpn ke HRD jd bs lgsg mendapatkan jwbn. Untuk tgl penentuan mulai KP, saya mengajukan tgl, cm krn bertepatan bln ramadhan dr PT. Indocement memundurkan bln setelahnya

Unknown mengatakan...

Mba KP di indocement yang didaerah mana ? Saya boleh minta kontak HRD nya mba ?

Unknown mengatakan...

Mba KP di indocement yang didaerah mana ? Saya boleh minta kontak HRD nya mba ?

Citra Desiani Putri mengatakan...

@Hafidz Saya KP di Indocement yg ada di Citeureup. Untuk contact HRD nya maaf sdh tdk punya

Unknown mengatakan...

Asslamualaalaikum mba..mba KP..menganalisa apa ya?saya jga bulan ini..ingin kp disana..tapi masih bingung..untuk analisa alat apa disana..

Unknown mengatakan...

Untuk contoh di proposal nya.

Citra Desiani Putri mengatakan...

Waalaikumsalam. Dulu laporan KP saya tentang Analisa Efisiensi Raw Mill, dpt judul laporan lgsg dr pabriknya, krn pembimbing inginnya seperti itu

Unknown mengatakan...

Halo, kalo pulang pergi depok-citeureup memungkinkan gak ya kira2? apakah ada tempat parkir mobil? seberapa jauhkah harus jalan dari parkiran ke tempat kerjanya? makasih..

Citra Desiani Putri mengatakan...

Halo jg Pricilia. Maaf untuk depok-citeureup saya kurang paham, saya dr semarang soalnya. Untuk tempat parkiran mobil tentu ada, jarak dr parkiran ke tempat kerjanya tergantung di tempatkan di kantor atau plant mana, rata2 sih lumayan jauh, tp disediakan bus dr Indocement atau bisa menumpang kendaraan yg kebetulan lewat

Unknown mengatakan...

Mba mau tanya lagi, waktu itu proposalnya dikirim ke bagian hrd nya atau kemana ya ?

Posting Komentar